Klasifikasi berdasarkan timeline

5:37 AM 0 Comments

Klasifikasi berdasarkan timeline
Klasifikasi berdasarkan timeline sejarahnya dan fungsinya, rupa huruf (Yang ini tidak ada contohnya karena sangat banyak)
  1. Blackletter / Old English / Textura, 
  2.  Berdasarkan tulisan tangan (script) yang populer pada abad pertengahan (sekitar abad 17) di Jerman  (gaya gothic) dan Irlandia (gaya Celtic).
  3. Humanis / Venetian, Berdasarkan tulisan tangan (script) gaya romawi di Italia. Disebut humanis karena goresannya  seperti tulisan tangan manusia.
  4. Old Style,  Rupa huruf serif yang sudah berupa metal type, gaya ini sempat mendominasi industri percetakan  selama 200 tahun.
  5. Transional,  Rupa huruf serif, muncul pertama kali sekitar tahun 1692 oleh Philip Grandjean, diberi nama Roman  du Roi atau "rupa huruf raja", karena dibuat atas perintah Raja Louis XIV.
  6. Modern / Didone, 
  7. Rupa huruf serif, muncul sekitar akhir abad 17, menjelang jaman Modern.
  8. Slab serif / Egytian 
  9.  Rupa huruf serif, muncul sekitar abad 19, kadang disebut Egytian karena bentuknya yang mirip  dengan gaya seni dan arsitektur Mesir kuno
  10. Sans-serif 
  11.  Rupa huruf tanpa kait, terbagi menjadi 2, yaitu;
  12. Grotesque Sans-serif, muncul sebelum abad 20.
  13.  Geometris Sans-serif, bentuk rupa hurufnya berdasarkan bentuk-bentuk geometris, seperti lingkaran  segi empat dan segitiga.
  14. Humanis Sans-serif, 
  15.  Bentuk rupa hurufnya seperti tulisan tangan manusia.
  16. Display / dekoratif, 
  17. Muncul sekitar abad 19, untuk menjawab kebutuhan di dunia periklanan. Cirinya adalah ukuranya  yang besar.
  18. Script dan cursive,
  19.  Bentuknya menyerupai handwriting - tulisan tangan manusia. Script, hurufnya kecil-kecil dan saling  menyambung, sedangkan Cursive tidak.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: